CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Translate

Friday, April 18, 2014

First Quilt


Sudah lama saya tertarik dengan patchwork atau quilt. Setiap lihat hasil karya quilt, rasanya terkagum-kagum, kok bisa ya bikin sesuatu yang indah seperti ini, begitulah saya selalu bertanya dalam hati. Ada rasa ingin belajar bikin quilt dan bisa menghasilkan karya quilt sendiri. Oleh karena itu, untuk memuaskan rasa penasaran terhadap quilt, terkadang saya iseng melihat tutorial di youtube bagaimana cara membuat quilt untuk pemula. Jelas yang mudah dahulu, supaya tahu dasarnya seperti apa. 

Patchwork atau quilting itu sendiri adalah seni yang menggabungkan / menyusun potongan-potongan kain menjadi sebuah motif atau pola yang indah. Bisa dikerjakan dengan tangan atau mesin. Hasil quilt yang dikerjakan dengan tangan tidak bisa sama satu sama lain. 

Nah, quilt ini terdiri atas 3 lapisan. Lapisan pertama / atas itu patchworknya atau quiltnya yang potongan-potongannya sudah tersusun rapi membentuk pola, atau bisa saja hanya selembar kain biasa dengan motif tertentu (tidak harus dalam bentuk patchwork), lapisan kedua ada battingnya, seperti lapisan busa tipis atau bisa juga dari wool, lapisan ketiga berupa kain lagi. 

Mari waktunya mencoba bikin quilt hihihi...udah nontonin banyak tutorial percuma kalau nggak dipraktekin sendiri, hanya jadi penasaran aja terus nantinya. 

Kebetulan masih ada sisaan kain banyak dari hasil bikin bedong


Lucu ya motifnya, dibikin quilt udah pasti bagus hasilnya nih, pede banget hihihi. Kemudian, kainnya saya potong-potong menjadi bujur sangkar, ukurannya sih 10x10 cm. 


Sudah dipotongin, siap disusun. 


Saya menyusun potongan kain sesuai selera. Hasilnya seperti diatas. Membutuhkan waktu lama dan ketelatenan untuk mengerjakannya. Cukup pegal juga loh. 


Setelah itu lapisi dengan batting atau busa tipis. 


Kemudian lapisi lagi dengan kain, bisa bermotif atau polos. Kebetulan saya ada seprai yang tidak terpakai, jadi saya gunakan saja. Setelah itu jahit menjadi satu semuanya, dan kelim setiap pinggirannya, atau bisa juga di binding. 


Hasil jadinya seperti diatas. Girly sekali, memang dibuat untuk si bayi ini nanti


Dicobain dulu dipakaikan ke Iko. Biarpun lagi tidur, iko tetap jadi model mamanya. 

Tertarik belajar quilt? Selamat mencoba. Saya jadi ingin bikin kreasi quilt-quilt yang lain. 

Happy sewing

Amanda

No comments:

Post a Comment