CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Translate

Tuesday, May 26, 2015

Nggak Harus Mahal

Beberapa waktu yang lalu saya dan teman saya ada proyek fashion show untuk pakaian daur ulang. Kami mengumpulkan sebanyak mungkin pakaian lama yang dapat di daur ulang kembali menjadi pakaian yang berbeda. Dari hasil mengumpulkan pakaian-pakaian lama tersebut kami berhasil membuat sebanyak 30 buah baju baru yang kami refashion dari baju lama. Kebanyakan pakaian-pakaian tersebut tidak layak untuk dipakai lagi, 

Teknik yang digunakan untuk merefashion pakaian-pakaian tersebut pun bermacam-macam. Dari yang ukurannya kecil dapat dibesarkan, yang kebesaran dapat dikecilkan, yang sudah berlubang digunting kemudian diubah sedikit modelnya, yang kependekan kemudian dipanjangkan, yang kepanjangan dapat dipendekan, yang kelunturan, menguning dan berjamur kemudian di tie dye sehingga menghasilkan warna yang baru.

Saya mengerjakan sendiri beberapa pakaian tersebut. Dari teknik yang amat sangat mudah sampai yang sedikit rumit.

tampak depan

tampak belakang

Dilihat sesaat, kemeja tersebut tampak masih bagus dan mulus. Awalnya saya juga menganggap kemeja ini masih bagus dan mulus, sampai saya menemukan cacatnya. Di bagian bawahnya sudah berlubang-lubang kecil seperti dimakan sesuatu. Mungkin karena faktor terlalu lama disimpan dan kurang baik perawatannya.



Sedih ya ngelihatnya. Saya jujur sedih loh kalau ada pakaian yang rusak sedikit padahal masih bagus dan bisa dipakai keseluruhannya. Karena saya kalau beli baju pasti saya rawat dan simpan baik-baik. Supaya baju ini masih dapat berguna dan bisa dipakai lagi. Saya ubah sedikit bentuknya jadi bolero atau outer. Kebayang kan bentuknya seperti apa.



Untuk bikin jadi bolero gampang banget. Gunting kedua lengannya jadi lengan pendek. Dan gunting bagian bawahnya menjadi setengah atau tepat di bawah dada sedikit. Kerahnya juga saya hilangkan agar tampak beda. Hasilnya seperti gambar diatas, Agar tidak polos banget bisa ditambahin aksesoris kalung, atau bisa juga diberi aplikasi lain seperti pita.




Tepi kerah, kedua lengan dan bawahnya saya beri pita. Pitanya dijahit dengan dibentuk menjadi renda seperti diatas. Tujuannya agar tidak terlihat terlalu polos saja. 





Itu tadi contoh yang sangat mudah menurut saya untuk refashion karena hanya tinggal potong sana-sini saja.

Yang kedua ini adalah refashion dengan cara tukar lengan, Bisa dilakukan apabila ada baju yang berbeda dengan kondisi salah satu baju lengannya rusak bisa diganti dengan lengan dari baju lain, Atau bisa saja untuk memberi penampilan yang beda bisa juga dilakukan tukar lengan.






Kedua baju diatas akan saya tukar saja lengannya agar tampak beda. Pertama lepad kedua lengan baju 1 dan 2. Kemudian cetak pola lengan baju 1 diatas lengan baju 2. Gunting sesuai pola lengan baju 1. Kemudian jahit pola lengan baju 2 ke baju 1. Selanjutnya baju 1 sekarang sudah memiliki lengan dari baju 2. Baju 1 yang tadinya hanya kemeja polos biasa saja sekarang lebih bermotif karena lengan dari corak baju 2.


Hasil akhirnya lumayan kece kan, Oh ya saya beri juga pita transparan dengan motif bunga-bunga biar nggak kelihatan kosong aja bajunya.

Dipakai seperti kemeja biasa. Gunakan tanktop warna gelap dalamnya dan lepas beberapa kancing atas dan bawah

Bisa juga digunakan sebagai luaran atau outer seperti kardigan.

Kedua baju yang saya buat diatas sama sekali nggak mahal biayanya. Tanpa keluar uang banyak sebenarnya bisa loh kita pakai baju baru setiap saat. Kuncinya ada kemauan dan kreatif saja.

Happy Refashion

Amanda


1 comment:

  1. keren banget mba bajunya .. apalagi yang ada renda-renda itu loh kreatif banget mba ini :)

    ReplyDelete